16.5.10

Blog dengan alamat subdomain "blog.kamera-gue.web.id"

Meski situs kamera-gue dibuat seperti blog (dan memakai engine Wordpress) namun kami menjadikan situs ini layaknya CMS (Content Management System) dan bukan sebagai blog biasa. Nah, sebagai sarana web-log (blog) dari situs kamera-gue sendiri kami percayakan pada Blogger dengan alamat kamera-gue.blogspot.com. Awalnya kami menghendaki adanya subdomain khusus blog di domain kamera-gue namun aturan dari Blogger mengharuskan bila ingin memakai alamat blog dengan custom domain maka domain tersebut harus diarahkan pada CNAME dengan mengisi nama ghs.google.com. Padahal domain web.id sebagai domain situs dalam negeri (setahu kami) hanya memiliki pengaturan Name Server (NS) untuk domain utama yang didaftarkan dan tidak bisa menambahkan Zone Record (CNAME) untuk subdomain apapun yang dibuat di bawah domain utama web.id tadi.


Namun sejak layanan hosting yang kami pakai baru saja mengganti cpanelnya dengan versi terbaru, dimana kini pada kolom Domains tersedia pengaturan simple DNS zone editor (lihat gambar diatas), maka peluang memakai subdomain khusus yang mengarah pada situs Blogger kini bukan lagi jadi hal yang sulit. Maka kini kami buatkan satu subdomain baru yaitu subdomain "blog" dan bisa anda akses dengan meng-klik pada halaman blog di situs utama kamera-gue (lihat gambar di bawah). Singkat kata, kami pun me-redirect subdirektori (halaman) blog ke subdomain blog, lalu mengatur custom domain di Blogger dengan alamat subdomain tersebut.


Meski akhirnya upaya ini tadi pagi berhasil, namun entah mengapa siang ini ada masalah dengan subdomain tersebut sehingga blog ini tidak bisa dibuka. Maka kami pun terpaksa mengulangi proses tersebut dari awal termasuk setup custom domain di Blogger namun kini dengan menambah "www" di depan subdomain tersebut. Upaya ini akhirnya berhasil meski jadi agak lucu karena adanya "www"' didepan subdomain. Jadilah alamat blog yang resmi adalah http://www.blog.kamera-gue.web.id  meski bila anda menulis kamera-gue.blogspot.com atau blog.kamera-gue.web.id keduanya juga bisa dilakukan (nantinya akan di-redirect ke www.blog.kamera-gue.web.id juga).

Semoga setting terakhir ini tidak bermasalah lagi, karena kalau masalahnya masih terulang kami bisa bingung harus berbuat apa lagi, terpaksa kembali ke alamat kamera-gue.blogspot.com deh.. Laporkan pada kami bila ternyata subdomain baru ini tidak bisa dibuka atau tidak normal ya..